penentuan harga jual

Penentuan harga jual

  1. Harga Jual Normal (manufaktur dan penjual jasa)
Secara normal : Harga jual harus dapat menutupi biaya penuh dan menghasilkan laba. Laba yang dimaksud adalah laba yang sepadan  dengan investasi yang ditanam  untuk menghasilkan produk/jasa.
                        Harga Jual   =  Taksiran Biaya penuh + Laba yang diharapkan
Unsur pertama yang diperhitungkan dalam harga jual adalah taksiran biaya penuh. Taksiran biaya penuh dapat dihitung dengan dua pendekatan : Full Costing dan Variable Costing.
Perbedaan Full Costing dan Variable Costing adalah sebagai berikut :
PENDEKATANUNSUR BIAYAUNSUR MARK UP
Full CostingBiaya ProduksiEkspektasi laba  + Biaya non Produksi
Variable CostingBiaya Produksi dan non Produksi yang bersifat variabelEkspektasi laba  + Biaya Produksi + non Produksi yang bersifat tetap
Total CostingBiaya Produksi + non ProduksiEkspektasi laba
Unsur kedua yang diperhitungkan dalam harga jual adalah laba yang diharapkan. Cost-plus pricing adalah penentuan harga jual dengan cara menambahkan laba yang diharapkan di atas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk. Laba yang diharapkan dihitung berdasarkan investasi yang ditanamkan untuk menghasilkan produk atau jasa. Untuk memperkirakan berapa laba wajar yang diharapkan, manajer penentu harga jual perlu mempertimbangkan :
  • Cost of Capital, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk investasi yang dilakukan dalam perusahaan. Contoh : Perusahaan membutuhkan dana untuk menjalankan usaha dengan kredit bank, yang bunganya 24%p.a dan tax dari laba yang dihasilkan 25%. Maka : Cost of Capital = (100% – 25%) x 0.24 = 18%, dimana semakin besar biaya modalnya, semakin besar pula laba yang diharapkan dapat diterima oleh perusahaan.
  • Resiko Bisnis, semakin besar risiko bisnis yang dihadapi perusahaan, semakin besar persentase yang ditambahkan pada cost of capital di dalam memperhitungkan laba ynag diharapkan.
  • Capital Employed, Besarnya Capital Employed / jumlah investasi (atau capital employed) yang ditanamkan untuk memproduksi dan memasarkan produk atau jasa merupakan faktor yang menentukan besarnya laba yang diharapkan, yang diperhitungkan dalam harga jual.
  1. Harga Jual untuk pesanan khusus
Pesanan khusus merupakan pesanan yang diterima oleh perusahaan di luar pesanan regular perusahaan. Dalam keadaan seperti ini, yang perlu dipertimbangkan oleh manajer penentu harga jual adalah:
  • Pesanan Regular
Pesanan regular adalah pesanan yang dibebani tugas untuk menutup seluruh biaya tetap yang akan terjadi dalam setahun anggaran. Dengan demikian jika manajer penentu harga jual yakin bahwa seluruh biaya tetap dalam tahun anggaran akan dapat ditutup oleh pesanan yang regular, maka pesanan khusus dapat dibebaskan dari kewajiban untuk memberikan kontribusi dalam menutup biaya tetap.
Jika misalnya dengan penerimaan khusus, perusahaan diperkiran tidak hanya akan meregularkan biaya variable saja, namun memerlukan biaya tetap, karena harus beroperasi di atas kapasitas yang tersedia, maka harga jual pesanan khusus harus di atas biaya variable dengan kenaikan biaya tetap karena pesanan khusus tersebut.
Dalam mempertimbangkan penerimaan pesanan khusus, informasi akuntansi diferensial merupakan dasar yang dipakai sebagai landasan penentu harga jual.
  1. Harga jual dengan Cost type contract
  • Cost – type Contract
Cost-type Contract adalah kontrak pembuatan produk atau jasa yang pihak pembeli setuju untuk membeli produk atau jasa pada harga yang didasarkan pada total biaya yang sesungguhnya dikeluarkan oleh produsen dengan laba yang dihitung sebesar persentase tertentu dari total biaya sesungguhnya tersebut. Jika dalam keadaan normal, harga jual produk atau jasa yang akan dijual di masa yang akan datang ditentukan dengan metode cost-plus pricing, berdasarkan taksiran biaya penuh sebagai dasar, dalam cost-type contract harga jual yang dibebankan kepada konsumen dihitung berdasarkan biaya penuh sesungguhnya yang telah dikeluarkan untuk memproduksi dan memasarkan produk.
Rumusan Menghitung Harga Jual Per Unit (Manufaktur)
Rumus perhitungan harga jual atas dasar biaya secara umum dapat dinyatakan dalam persamaan berikut ini :
                                      Harga Jual / unit =  BIAYA*  +   % Mark-up
Persentase markup dihitung dengan rumus :
                                 Persentase Mark-up =  Expectasi Laba + BIAYA**
Keterangan:
*   Biaya = Biaya yang berhubungan langsung dengan volume (perunit)
**  Biaya = Biaya yang tidak berhubungan langsung oleh volume produk (non produksi)
Terdapat perbedaan konsep langsung dan tidak langsungnya biaya dengan volume antara metode full costing dengan metode variable costing. Konsep biaya yang berhubungan langsung dengan volume menurut metode full costing adalah berupa biaya produksi, sedangkan biaya yang tidak berhubungan langsung dengan volume adalah berupa biaya nonproduksi.
Variable costing memandang dengan cara yang berbeda terhadap biaya yang dipengaruhi secara langsung oleh volume produk bila dibandingkan dengan full costing. Dalam pendekatan variable costing, biaya penuh yang dipengaruhi secara langsung oleh volume produk terdiri dari biaya variabel, sedangkan biaya penuh yang tidak dipengaruhi secara langsung oleh volume produk terdiri dari biaya tetap.
Contoh soal :
Manajer Pemasaran PT. GLORY sedang mempertimbangkan penentuan harga jual produk ASTREX untuk tahun anggaran yang akan datang. Menurut anggaran, perusahaan direncanakan akan beroperasi pada kapasitas normal sebanyak 1.000.000 kg dengan taksiran biaya penuh untuk tahun anggaran yang akan datang sbb :
Biaya Variabel :
Biaya produksi variable                                   Rp. 2.000.000.000
Biaya adm & umum variable                          Rp.      50.000.000
Biaya pemasaran variable                               Rp.      50.000.000
                                                                              ————————– +
Total biaya variable                                           Rp. 2.100.000.000
Biaya Tetap :
Biaya produksi tetap                                        Rp. 1.000.000.000
Biaya adm. & umum tetap                              Rp.    150.000.000
BIaya pemasaran tetap                                    Rp.    250.000.000
                                                                              ————————– +
Total biaya tetap                                                Rp. 1.400.000.000
                                                                               ————————– +
Total biaya penuh                                              Rp. 3.500.000.000
Total aktiva yang diperkirakan pada awal tahun anggaran Rp. 4.000.000.000 dan laba yang diharapkan dinyatakan dalam tarif kembalian investasi (ROI) 25%
Penyelesaian :
Menggunakan pendekatan Full Costing
Unsur biaya :
Biaya produksi variable                                                Rp. 2.000.000.000
Biaya produksi                                                                Rp. 1.000.000.000
                                                                                           ————————— +
Total                                                                                   Rp. 3.000.000.000
Unsur mark-up            :
            Biaya non produksi variable                           Rp.    100.000.000
            Biaya non produksi tetap                                 Rp.    400.000.000
            Ekspektasi laba25% X rp. 4.000.000.000        Rp. 1.000.000.000
                                                                                           ————————– +
      TOTAL unsur Mark-up                                             Rp. 1.500.000.000
                                           Rp. 1.500.000.000
Persentase Mark-up =      ———————— x 100%  = 50%
                                           Rp. 3.000.000.000
Perhitungan Harga Jual :
            Biaya produksi                                                Rp.  3.000.000.000
            Mar-up 50% x Rp. 3.000.000.000                  Rp.  1.500.000.000
                                                                                        ————————— +
            Total harga jual                                                Rp.  4.500.000.000
            Volume produksi                                                        1.000.000 kg
                                                                                          ————————— :
            Harga jual produk / kg                                    Rp.                4.500,-

Menggunakan pendekatan Variabel Costing
Unsur biaya :
            Biaya produksi variable                                              Rp. 2.000.000.000
            Biaya produksi tetap                                                    Rp. 1.000.000.000
            Biaya non produksi variable                                      Rp.    100.000.000
                                                                                                     ————————– +
                                                                                                      Rp. 3.100.000.000
Unsur mark-up          :
            Biaya produksi tetap                                                   Rp. 1.000.000.000
            Biaya non produksi tetap                                           Rp.    400.000.000
            Ekspektasi laba25% X Rp. 4.000.000.000                 Rp. 1.000.000.000
                                                                                                     ————————– +
      TOTAL Unsur Mark-up                                                      Rp. 2.400.000.000
                                               Rp. 2.400.000.000
Persentase Mark-up =   ———————— x 100%  = 77,4%  
                                               Rp. 3.100.000.000
Perhitungan Harga Jualnya :
            Biaya produksi                                                            Rp.  3.000.000.000
            Mar-up 77,4% x Rp. 3.000.000.000                           Rp.  2.322.000.000
                                                                                                   ————————— +
            Total harga jual                                                           Rp.  5.322.000.000
            Volume produksi                                                                    1.000.000 kg
                                                                                                    ————————— :
            Harga jual produk / kg                                                Rp. 5.322,-
Menggunakan pendekatan Total Costing
Unsur biaya :
            Biaya produksi variable                                              Rp. 2.000.000.000
            Biaya produksi tetap                                                   Rp. 1.000.000.000
            Biaya non produksi tetap                                            Rp.    400.000.000
            Biaya non produksi variabel                                      Rp.    100.000.000                                                                                                                                    ————————— +
                                                                                                      Rp. 3.500.000.000
Unsur mark-up          :
            Ekspektasi laba 25% X Rp. 4.000.000.000                Rp. 1.000.000.000
                                               Rp. 1.000.000.000
Persentase Mark-up =   ———————— x 100%  = 28,57%
                                               Rp. 3.500.000.000
Perhitungan Harga Jualnya :
            Biaya produksi                                                            Rp.  3.000.000.000
            Mar-up 28,57% x Rp. 3.000.000.000                         Rp.     857.100.000
                                                                                                    ————————— +
            Total harga jual                                                           Rp.  3.857.100.000
            Volume produksi                                                                    1.000.000 kg
                                                                                                     ————————— :
            Harga jual produk / kg                                                Rp. 3.857,-
Penentuan Harga Jual Waktu dan Bahan (Time And Material Pricing)
Biasanya digunakan oleh perusahaan bengkel mobil, dok kapal dan perusahaan-perusahaan penjual jasa reparasi, bahan dan suku cadang sebagai pelengkap penjualan jasa.
Dalam perusahaan jasa volumenya dihitung berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk melayani konsumen  bukan harga jual/unit tetapi harga jual per satuan waktu yang dinikmati konsumen.
                                                 Harga Jual = Biaya Penuh + Ekspetasi Laba
Dalam sebuah bengkel yang menjual jasa perbaikan mobil, maka :
  1. Biaya yang berhubungan dengan produk adalah biaya tenaga mekanik dan ahli listrik.
  2. Biaya yang tidak berhubungan dengan produk adalah biaya tenaga kerja tidak langsung, listrik, depresiasi, asuransi dll
Contoh Soal :
  1. GLORIA berusaha di usaha bengkel mobil. Manajer pemasaran PT GLORIA sedang mempertimbangkan penetuan harga jual jasa reparasi untuk tahun angaran yang akan datang. Perusahaan memiliki dua departemen : BENGKEL dan TOKO SUKU CADANG. Perusahaan mempekerjakan 6 orang tenaga mekanik dan 4 orang ahli listrik dalam departemen BENGKEL
  • Menurut anggaran, perusahaan direncanakan akan beroperasi pada kapasitas normal sebanyak 300 hari @ 7 jam kerja/hari
  • Aktiva yang digunakan di departemen BENGKEL sebesar 60 juta
  • Aktiva yang ditanam dalam departemen TOKO SUKU CADANG sebesar 28 juta.
  • Tarif kembalian investasi (ROI) yang diharapkan dalam tahun anggaran adalah sebesar 25%
Tafsiran jam kerja tenaga kerja langsung untuk tahun anggaran yad sbb :
Upah tenaga kerja langsung :
21.000 jam @ Rp. 1.500 perjam                                                              Rp. 31.500.000
Biaya kesejahteraan tenga kerja langsung :
Tunjangan kesehatan   10 org x 12 bln x Rp. 50.000                          Rp.   6.000.000
Tunjangan kesejahteraaan 10 org x 12 bln x Rp. 25.000                   Rp.   3.000.000
                                                                                                                       ——————— +
Jumlah biaya tenaga kerja langsung                                                      Rp. 40.500.000
Jam tenaga kerja langsung 10 org x 300 hari x 7 jam/hr                                 21.000 jam
                                                                                                                        ———————- :
Biaya tenaga kerja langsung perjam                                                      Rp.   1.929
Biaya tidak langsung bengkel dianggarakan sbb :
Gaji pengawas & TK tidak langsung lain                                           Rp. 11.600.000
Biaya depresiasi aktiva tetap                                                               Rp.   2.200.000
Biaya asuransi                                                                                         Rp.      650.000
Biaya listrik                                                                                              Rp.      800.000
Biaya air                                                                                                   Rp.      400.000
Biaya depresiasi aktiva tetap                                                               Rp.      350.000
Biaya umum                                                                                            Rp.      500.000
                                                                                                                   ——————— +
Jumlah biaya tidak langsung Dept.BENGKEL                                   Rp. 16.500.000
Biaya tidak langsung toko suku cadang dianggarkan sbb:
Gaji tenaga kerja                                                                                  Rp.  9.000.000
Biaya listrik                                                                                           Rp.     700.000
Biaya kantor                                                                                         Rp.     300.000
                                                                                                                ——————– +
Jumlah BTK tidak langsung dept. TOKO                                         Rp. 10.000.000
Perhitungan Mark-up Dept. BENGKEL :
Biaya tidak langsung dept. BENGKEL                                             Rp. 16.500.000
Expectasi laba 25% x Rp. 60 juta                                                      Rp. 15.000.000
                                                                                                                 ———————+
Jumlah                                                                                                   Rp. 31.500.000
Biaya tenaga kerja langsung                                                            Rp. 40.500.000
                                                                                                                ———————-:
Persentase mark-up dari BTKL                                                                   78%
Perhitungan Mark-up Dept. TOKO SUKU CADANG
Biaya tidak langsung toko suku cadang dianggarkan sbb:
            Gaji tenaga kerja                                                                     Rp.  9.000.000
            Biaya listrik                                                                              Rp.     700.000
            Biaya kantor                                                                            Rp.     300.000
                                                                                                               ——————– +
Jumlah BTK tidak langsung dept. TOKO                                         Rp. 10.000.000
Ekspektasi Laba 25% x Rp. 28 juta                                                   Rp.   7.000.000
                                                                                                                 ——————- +
Jumlah                                                                                                    Rp. 17.000.000
Mis. Taksiran harga beli bahan & suku cadang                            Rp. 23.800.000
                                                                                                                 ——————– :
Persentase mark-up dari harga bahan & suku cadang                          40%
Menentukan Harga Jual Dept. BENGKEL
Dimisalkan : Untuk service mesin terdiri dari pekerjaan ga  nti oli dan tune-up mesin yang memerlukan 2 orang tenaga mekanik dan 1 orang tenaga ahli listrik, yang masing-masing bekerja sbb :
            Mekanik                      1 jam orang
            Ahli listrik                   1,5 jam orang
Sehingga perhitungan harga jual dept. BENGKEL :
Biaya tenaga kerja langsung 2,5 jam x @1.929                      Rp. 4.823
Mark-up : 78% x Rp. 4.823                                                          Rp. 3.762
                                                                                                         ————- +
Harga jual jasa service mesin                                                    Rp. 8.585
Menentukan Harga Jual Dept. TOKO BAHAN dan SUKU CADANG
Dimisalkan : Seorang pelanggan memerlukan jasa service mesin dan memelukan 1 kaleng oli mesin yang harga fakturnya Rp. 10.000 dan saringan oki (oli filter) yang harga fakturnya Rp. 8.000
Sehingga perhitungan harga jual dept. TOKO BAHAN :
Harga jual jasa service mesin                                                    Rp.   8.585
Harga bahan dan suku cadang                                                  Rp. 18.000
Mark-up dari harga bahan & suku cadang                             Rp.   7.200
                                                                                                         ————— +
Harga jual bahan dan suku cadang                                          Rp. 25.200
                                                                                                         —————- +
Jumlah hasil penjualan jasa service + bahan                     Rp. 33.785
  1. Harga Jual Produk Perusahaan yang Diatur Peraturan Pemerintah
Perusahaan yang mengatur hajat hidup orang banyak, sehingga dalam penetapan harga jual produk dibutuhkan pedoman :
  1. Unsur-unsur biaya produksi dan non produksi
  2. Cara pengukurannya
Dengan adanya pedoman tsb, diharapkan didapatkan harga yang wajar. Tiap kenaikan harga diatur peraturan pemerintah yang harus dapat dipertanggungjawabkan (dilihat dari biaya penuh yang digunakan sebagai dasar dan kewajaran labanya).
Harga Jual   =  Tafsiran Biaya penuh masa yad + Expectasi Laba
Contoh Soal :
Misalnya untuk menghasilakan listrik diperlukan investasi sebesar Rp. 3.200.000.000 untuk pembelian mesin dan ekupment serta modal kerja. Taksiran biaya produksi listrik pada volume produksi 100.000.000 kwh per tahun adalah sbb :
Biaya bahan baku                                                                    Rp.  4.000.000.000
Biaya TK langsung                                                                   Rp.  3.000.000.000
BOP (variable + tetap)                                                             Rp.  8.000.000.000
                                                                                                     ————————– +
Jumlah taksiran biaya produksi                                           Rp. 15.000.000.000
Taksiran biaya non produksi setahun terdiri dari  :
Biaya pemasaran                                                                     Rp. 1.500.000.000
Biaya administrasi & umum                                                  Rp.    700.000.000
                                                                                                     ————————- +
Jumlah taksiraan biaya nonproduksi                                  Rp. 2.200.000.000
Diputuskan laba wajar untuk perusahaan listrik : 25% dari investasi
Penyelesaian : Menghitung harga jual listrik per kwh?
Diketatui :
Taksiran biaya penuh :
Biaya produksi                                                                   Rp. 15.000.000.000
Biaya non produksi                                                           Rp.   2.200.000.000
Taksiran aktiva penuh yang digunakan                       Rp.   3.200.000.000
Hitung Mark-up
Biaya non produksi                                                           Rp.   2.200.000.000
Ekspektasi laba 25% x Rp. 3.200.000.000                      Rp.      800.000.000
                                                                                               ————————– +
Jumlah biaya tidak langsung (non prod)                      Rp.   3.000.000.000
Jumlah biaya langsung (produksi)                                 Rp. 15.000.000.000
                                                                                               ————————— :
Persentase mark-up dari biaya produksi                                   20%
Tafsiran biaya produksi                                                    Rp. 15.000.000.000
Mark-up 20% x Rp. 15.000.000.0000                               Rp.   3.000.000.000
                                                                                                ————————– +
Total harga jual                                                                  Rp. 18.000.000.000
Volume produk (dalam kwh)                                          Rp.      100.000.000
                                                                                               ————————– :
Harga jual listrik per kwh                                                 Rp.                   180
IKHTISAR
Harga jual adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi suatu barang atau jasa ditambah dengan presentase laba yang diinginkan perusahaan. Harga yang tepat adalah harga yang sesuai dengan kualitas produk suatu barang dan harga tersebut yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
Penentuan harga jual ditujukkan untuk kelangsungan hidup perusahaan, peningkatan arus keuntungan, dan kepemimpinan kualitas produk. Dimana faktor yang mempengaruhi harga jual adalah pelanggan, pesaing, dan biaya.
Metode penentuan harga jual dapat ditentukan dengan cara menentukan harga jual normal, harga jual untuk pesanan khusus, harga jual dengan cost type contract, harga jual yang dihasilkan oleh perusahaan yang diatur pemerintah, menghitung harga jual per unit, dan penentuan harga jual waktu dan bahan.

sumber: https://risnisariakt.wordpress.com/2017/07/25/makalah-penentuan-harga-jual/

Komentar

Postingan Populer